Direktur Pemulihan Kontaminasi dan Tanggap Darurat Limbah Bahan Berbahaya Beracun pada Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan (KLHK) Haruki Agustina mengatakan jika sarana Bank Sampah dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Oleh karena itu kita melaksanakanan kegiatan sosialisasi pengembangan sampah melalui program infrastruktur hijau membangun Bank Sampah," ujarnya di Pilohayanga, Kabupaten Gorontalo, Kamis.

Haruki Agustina mengungkapkan jika mengambil contoh, kabupaten Gorontalo merupakan salah satu kabupaten terbaik di Indonesia yang mendapatkan Adipura.

"Sosialisasi ini juga dalam rangka bagaimana membangun partisipasi masyarakat dalam pengolahan sampah di sumbernya," ucap Haruki.

Pada kegiatan itu juga, ia menyampaikan bagaimana cara mengelola sampah rumah tangga, sehingga dapat meningkatkan ekonomi, ada nilai tambah yang nanti bisa didapat dari mengolah sampah.

"Saya berharap agar pengolahan sampah di desa ini bisa terolah dengan baik dan bersih, program infrastruktur hijau ini merupakan program kerjasama kami dengan bersama komisi VII DPR RI dengan memberikan sarana prasarana pengolahan sampah kepada masyarakat untuk menunjang pengolahan sampah di wilayah yang mendapatkan bantuan," jelasnya.

Pada kesempatan itu juga diserahkan kendaraan pengangkut sampah bagi perwakilan masyarakat dan desa.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019