Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo menggelar pemilihan "Nou dan Uti" atau putra putri terbaik tahun 2013, guna menjadi duta wisata dan lingkungan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan pariwisata Kota Gorontalo, Irwan Hamzah, Sabtu mengatakan, pemenang Nou dan Uti yang digelar 22 Maret, selain menjadi duta wisata di daerah, juga akan mengikuti lomba yang sama untuk tingkat Provinsi Gorontalo.

Pada pemilihan ajang putra dan putri terbaik di daerah itu, untuk Uti (putra) Kota Gorontalo disabet perwakilan dari Kecamatan Sipatana, yaitu Fahrudin Diko dan Nou (putri) diraih Anggraini Tangkudung perwakilan dari Kecamatan Kota Tengah.

"Saya tidak menyangka dapat meraih gelar sebagai Uti Kota Gorontalo 2013, sungguh penghargaan luar biasa untuk saya," ucap Fahrudin Diko.

Fahrudin juga mengatakan, sebagai Uti terpilih langkah pertama yang akan dilakukan adalah membangun kesadaran masyarakat Gorontalo agar lebih mencintai budaya Gorontalo, serta mempromosikan pariwisata Gorontalo.

Sementara itu, Nou Kota Gorontalo 2013 Anggraini Tangkudung mengatakan, sangat senang dan bahagia menjadi Nou Kota Gorontalo 2013.

"Dengan diberikan amanat ini, saya akan berusaha mengembangkan dan mengajak warga melestarikan objek wisata serta sektor pendidikan di Kota Gorontalo," kata Anggraini

Tahapan pelaksanaan Pemilihan Nou dan Uti Kota Gorontalo dimulai sejak tanggal 4-8 Maret, yaitu audisi di tingkat kecamatan.

Masing-masing kelurahan mengirim perwakilan dengan peserta sebanyak 128 peserta, tanggal 11-22 Maret seleksi di tingkat Kota menyisakan 28 peserta di grand final.

Para peserta Nou dan uti 2013 diberikan materi sebelum mengikuti seleksi di tingkat Kota, yaitu pembekalan mengenai kepariwisataan, kebudayaan dan pengetahuan tentang sembilan program unggulan Pemkot Gorontalo.  

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013