Legislator Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Gustam Ismail, di Gorontalo, Kamis, berharap pembangunan jalan tani di wilayah-wilayah kepulauan, di antaranya Kecamatan Ponelo Kepulauan, agar dipercepat.

"Banyak petani jagung di Ponelo Kepulauan, terpaksa menggunakan perahu untuk mengangkut hasil panen dari kebun ke lokasi permukiman yang ada di pusat kecamatan, seperti Desa Ponelo," ujar Gustam.

Kondisi itu kata dia, perlu menjadi perhatian agar petani lebih mudah mengangkut hasil panen melalui darat.

Maka yang sangat diperlukan adalah, pembangunan jalan tani di wilayah kepulauan kata politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Ia berharap, infrastruktur jalan tani menjadi fokus perhatian bahkan perlu dipercepat. Mengingat infrastruktur jalan sangat penting dalam menunjang berbagai keperluan masyarakat di berbagai sektor, khususnya pertanian. Jika akses jalan tani memadai, petani tidak perlu mengangkut hasil panen menggunakan perahu, sebab risikonya lebih besar.

DPRD kata dia, akan meminta pemerintah daerah untuk menyegerakan pembangunan jalan tani yang akan menunjang aktivitas pertanian, hingga layanan publik termasuk kesehatan dan pendidikan, agar memadai dinikmati masyarakat.

Sementara itu, salah seorang petani di Desa Ponelo, Kecamatan Ponelo Kepulauan, Arifin Buheli, berharap, pembangunan jalan tani dari lokasi-lokasi pertanian dan perkebunan segera dibangun.

Selama ini kata dia, kendala utama yang dihadapi petani jagung adalah pengangkutan hasil panen yang harus menyeberang lautan.

"Kami berharap, jalan tani segera dibangun pemerintah daerah agar memudahkan petani untuk fokus bercocok tanam serta pengangkutan hasil bumi lebih efisien dan minim risiko," ujarnya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019