Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sementara membenahi Stadion Klabat yang bakal menjadi "home base" klub "Sulut United", kata Sekretaris Daerah Provinsi Edwin Silangen di Manado, Sabtu.

"Harapan masyarakat Bumi Nyiur Melambai yang terkenal gila bola untuk menyaksikan langsung penampilan klub sepakbola liga 2 Sulut United bertanding di kandang sendiri bakal menjadi kenyataan," sebut Silangen ketika melihat langsung renovasi Stadion Klabat.

Pemerintah Provinsi Sulut di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw mendukung penuh eksistensi "Sulut United" di liga 2.

Pemprov Sulut terus menggenjot pembenahan fasilitas Stadion Klabat Manado yang bakal menjadi home base klub, ujarnya.

"Pembenahan stadion kebanggaan masyarakat Sulut ini dikerjakan serius agar bisa memenuhi syarat yang ditetapkan PSSI," katanya.

Alasannya, PSSI saat ini sedang melakukan verifikasi kelayakan "Stadion Klabat" sebagai kandang tim sepakbola yang berembrio dari Bogor FC tersebut.

"Adapun batas akhir verifikasi home base hingga 17 Juni 2019," ujarnya.

Sejumlah fasilitas stadion yang diverifikasi di antaranya pembenahan rumput, fasilitas ruang ganti pemain, bench pemain, tempat duduk penonton, serta infrastruktur pendukung lainnya," sebut Silangen.

Pada kompetisi Liga 2, Sulut United akan bersaing dengan 23 klub lainnya untuk bisa berhasil lolos ke liga I.

Terakhir kali Sulut memiliki klub profesional adalah pada saat era Liga Primer Indonesia (LPI), yakni Manado United.

Selain Stadion Klabat, PSSI juga sedang memverifikasi "Stadion Maesa" di Kabupaten Minahasa sebagai calon home base lainnya dari "Sulut United" hingga batas akhir waktu verifikasi.
 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019