Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, berharap kartu nelayan gratis dapat disalurkan secara merata kepada seluruh nelayan di 11 kecamatan.

Pemerataan penyaluran bantuan gratis sangat penting agar tidak menimbulkan kecemburuan sosial., kata anggota DPRD setempat, Husain Pateda, di Gorontalo, Jumat.

"Apalagi jumlah nelayan di daerah itu cukup banyak, mencapai ribuan orang," ucapnya.

DPRD, kata dia, sangat mengapresiasi upaya pemerintah daerah dalam menyalurkan bantuan gratis, khususnya bantuan pengurusan kartu nelayan yang sangat penting dikantongi para nelayan.

Program itu merupakan bentuk perhatian yang sangat besar terhadap keselamatan para nelayan sebagai tulang punggung produksi perikanan di daerah itu.

Ia berharap, penyaluran kartu nelayan gratis berlangsung lancar dan secara bertahap akan diterima para nelayan hingga seluruhnya mengantongi surat izin melaut itu.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) setempat, Ridwan Yasin, mengatakan, bantuan kartu nelayan atau surat izin melaut itu, dirangkaikan dengan pendidikan dan pelatihan untuk sertifikasi nelayan yang akan digelar per kecamatan.

Tahun ini, kata dia, pemerintah daerah bekerja sama dengan pihak Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP), akan menerbitkan 600 kartu nelayan gratis.
Diakuinya, masih ada seribuan nelayan di daerah itu dari total 3.800 nelayan, belum memiliki kartu nelayan.

Namun pemerintah daerah akan berupaya agar seluruh nelayan khususnya di 78 desa pesisir akan mengantongi kartu nelayan dan sertifikasi melaut.

"Kita salurkan kartu nelayan ini secara gratis, namun para nelayan yang belum mengantonginya diminta proaktif mendaftarkan nama melalui Dinas Kelautan dan Perikanan, agar nama-nama mereka tercatat dan yang belum terakomodir akan diprioritaskan untuk tahap berikutnya," ujar Sekda.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019