Bupati Bone Bolango, Hamim Pou terus menggaungkan potensi pariwisata di daerah itu hingga ke tingkat nasional dan manca negara, sehingga bisa bersaing dengan daerah-daerah lain di Indonesia.

"Di Kabupaten Bone Bolango banyak objek wisata yang menarik, baik itu wisata alam maupun buatan, sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan yang ada," kata Hamim belum lama ini.

Ia mencontohkan objek wisata ikan paus yang ada di Pantai Botubarani, yang setiap pekan banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun turis manca negara.

Ia mengatakan, di Bone Bolango juga sekitar 70 persen merupakan kawasan taman nasional dan konservasi alam, merupakan sebuah potensi besar yang terus dikembangkan oleh pemerintah daerah.

Pada pameran Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Jakarta belum lama ini, Bupati Hamim sudah promosikan potensi pariwisata, dan menjadi destinasi di Provinsi Gorontalo

Belum lama ini juga, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparek) Kabupaten Bone Bolango, telah menggelar pelatihan pemandu wisata buatan kepada 40 peserta, guna penguatan terhadap pengembangan objek pariwisata serta kiat untuk menerima kunjungan tamu.

Para pemandu wisata inilah yang akan mengarahkan kemana wisatawan untuk berkunjung, jadi mereka dilatih bagaimana cara menghadapi wisatawan, bagaimana berpakaian dan berpenampilan yang bagus ketika membawa wisatawan.

Menurutnya pemandu wisata yang ada di Bone Bolango masih sedikit jumlahnya, hal itulah yang mendasari dibuatnya pelatihan yang ditujukan untuk mereka yang sudah pernah memandu wisata serta belum pernah menjadi pemandu wisata.

Pewarta: Adiwinata/Humas

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019