Bupati Bone Bolango Hamim Pou meresmikan gedung baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Toto Kabila di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Minggu (14/7).

Gedung baru yang diresmikan tersebut meliputi, gedung Instalasi Gawat Darurat (IGD), gedung Unit Transfusi Darah (UTD), gedung ICU dan ICCU, gedung instalasi bedah sentral yang memiliki delapan ruangan serta gedung VIP yang memiliki 32 unit kamar VIP.

"Pembangunan gedung ini menggunakan anggaran tahun 2018. Kita harapkan dengan ketersediaan berbagai fasilitas ini akan mampu meningkatkan kesehatan di Kabupaten Bone Bolango," ujarnya.

Hamim mengungkapkan, penyediaan berbagai fasilitas alat kesehatan maupun gedungnya belum cukup dalam pelayanan kesehatan jika warga Bone Bolango tidak membiasakan diri untuk hidup sehat.

"Berapa pun yang kita siapkan dan segala macamnya, tetap rumah sakit ini akan penuh, kalau gaya hidup kita tidak berubah. Kita harus membiasakan olahraga, misalnya seminggu atau dua minggu sekali jalan pagi, aerobik, senam, jalan pagi, bersepeda, berlari," ungkapnya.

Kemudian, selalu berusaha makan yang seimbang, makan sayur dan buah, serta berhenti merokok.

"Saya imbau warga Bone Bolango aktif secara rutin minimal sebulan sekali datang ke Puskesmas, untuk memeriksakan kesehatannya, periksa darah tinggi, jantung, kolestrol, asam urat, gula dan sebagainya. Dengan demikin kita bisa mengantisipasi hal-hal yang akan terjadi pada diri kita sejak awal," imbaunya.

Artinya menurut Hamim, kalau hal tersebut terus dilakukan, berarti bisa berhemat untuk biaya kesehatan. Jangan selalu paradigma sehat itu harus berobat ke rumah sakit.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019