Legislator Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Lukum Diko, mengatakan, daerah itu perlu meningkatkan peluang investasi di bidang energi terbarukan.

"Kita punya banyak potensi sumber daya alam yang belum terkelola maksimal, maka perlu pemerintah daerah mendorongnya," ujar politisi Partai Golkar itu, Senin.

Lukum mengatakan, pelet kayu "wood pellet" yang berhasil diproduksi memanfaatkan sumber daya yang dimiliki di daerah itu, diharapkan memacu kreativitas masyarakat untuk memproduksi yang sama.

"Ternyata kita memiliki bahan baku yang dapat diandalkan menjadi komoditas ekspor, terbukti produksi pelet kayu dari daerah ini mampu menembus pasar mancanegara melalui ekspor perdana ke Korea Selatan," ujarnya.

Ia berharap, akan lebih banyak lagi komoditas dari daerah itu mampu diproduksi dan menembus permintaan pasar nusantara hingga manca negara.

Pemerintah daerah pun perlu memaksimalkan perannya dalam meningkatkan peluang investasi memanfaatkan bahan baku yang ada di daerah itu.

Caranya dengan menggali seluruh potensi yang dimiliki, diperkenalkan kepada masyarakat untuk meningkatkan kreativitas mereka mengelolanya.

"Banyak bahan baku yang dapat diolah menjadi energi terbarukan bahkan saya optimistis akan membuka peluang investasi yang lebih banyak lagi selain pelet kayu," tuturnya.

Lukum berharap, pemerintah daerah membentuk kelompok-kelompok kreativitas muda dimulai dari desa baik melalui sarana pendidikan formal maupun nonformal, untuk mendorong pemanfaatan sumber daya alam yang dimiliki dan diciptakan sebagai bahan baku sumber energi terbarukan.

"Targetnya pemanfaatan sumber daya alam dulu, untuk memenuhi pasar menjadi target selanjutnya, apalagi jika banyak investor mau datang ke daerah ini sudah pasti akan membuka peluang yang lebih besar lagi," ungkap Lukum.***
Pelet Kayu "wood pellet" asli produksi Gorontalo Utara. (Antara/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019