Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Dinas Perhubungan dan Pariwisata Kabupaten Bone Bolango dan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI), akan menggelar lomba foto bawah laut atau "underwater photography".

Kepala Dishubpar Bone Bolango, Rudi Iriawan, Selasa, mengatakan lomba tersebut bertujuan untuk mempromosikan wisata bawah laut di wilayah itu, yang memiliki banyak titik penyelaman.

"Peserta silahkan mengambil foto di laut yang ada di wilayah Bone Bolango, tidak harus di spot diving yang sudah terkenal seperti Olele," jelasnya.

Lomba tersebut akan digelar mulai 9-12 Oktober 2014 dengan para peserta yang berasal dari dalam daerah.

Hasil karya peserta akan dinilai oleh juri yang menguasai teknik fotografi bawah laut, dan akan dipublikasikan dalam pameran foto.

Rudi mengatakan, kegiatan itu merupakan awal dari Festival Olele yang akan digelar 2015 nanti.

Sementara itu, Wakil Ketua POSSI Gorontalo Iwan Rahim mengatakan bahwa foto bawah laut adalah cara yang efektif untuk mempromosikan wisata bahari di Bone Bolango.

Terlebih lagi saat ini perkembangan fotografi bawah laut maju pesat, seiring dengan diminatinya hobi menyelam dan perairan Indonesia yang luas.

Menurutnya, di wilayah itu terdapat banyak spot penyelaman baru, yang masih jarang dikunjungi wisatawan.

"Di Gorontalo sendiri hobi menyelam dan bawah laut sedang digandrungi, sehingga pemerintah bisa merangkul para penyelam untuk berkontribusi dalam promosi wisata," tambahnya.

Selain foto bawah laut, kegiatan lainnya yang digelar adalah bersih-bersih pantai dan laut.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014