Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo Handoyo Sugiharto, Selasa, mengatakan pihaknya menggeser titik lokasi pembangunan Jembatan Molintogupo di Kecamatan Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango.

Menurutnya Jembatan Molintogupo semula terletak pada lekungan sungai yang dapat merusak fisik dari jembatan tersebut, sehingga titik koordinat untuk pembangunan jembatan yang baru nanti akan diubah.

Titik lokasi pembangunan Jembatan Molintogupo yang masuk rencana kerja Dinas PUPR Provinsi Gorontalo tahun 2020 itu, bergeser sekitar 500 meter dari titik jembatan yang lama dan menunggu kajian serta evaluasi teknis.

“Kenapa titik koordinatnya digeser, karena lokasi jembatan lama berada pada lengkungan sungai yang mengakibatkan aliran air di Sungai Bone itu terjadi turbulensi, sehingga membahayakan abutment (penyangga) jembatan,”ujar Handoyo.

Menurutnya dengan jarak sekitar 500 meter ke arah Barat atau hilir diperoleh suatu lokasi yang lurus dengan bentang 2×35 meter atau sekitar 70 meter.

Jarak tersebut yang akan dihitung untuk pembangunan jembatan beton dengan panjang sekitar 70 meter.

Sebelumnya pihaknya telah meninjau lokasi pembangunan jembatan bersama Dinas PUPR Bone Bolango dan pemerintah setempat.

“Ini merupakan instruksi pak gubernur dan juga masuk di dalam rencana kerja (Renja) kami tahun 2020,” ujarnya.

Dia berharap Pemkab Bone Bolango dapat memfasilitasi pengadaan lahan di lokasi pembangunan Jembatan Molintogupo yang baru, karena berada pada lokasi Pompa Air Tanpa Motor (PATM).

Camat Suwawa Selatan, Oktavianus Tangahu mengatakan masyarakat setempat menanti pembangunan jembatan itu karena sangat memudahkan akses transportasi di wilayah tersebut.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019