Pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, akan dihadiri 1.000 tamu undangan.

Hal itu disampaikan Sekretaris Dewan (Sekwan), Suleman Lakoro, di Gorontalo, Sabtu.

"Kami terus mematangkan persiapan pelantikan anggota DPRD periode 2019-2024, yang akan digelar Senin, 26 Agustus 2019 pukul 14.00 WITA, di halaman depan kantor DPRD," ujarnya.

Ia mengaku, persiapannya perlu dimatangkan, sebab rencananya akan dihadiri 1.000 tamu undangan dari berbagai kalangan.

Pelantikan yang akan digelar di ruang terbuka itu, diharapkan dapat disaksikan masyarakat secara langsung.

"Meski kursi yang kami siapkan untuk 1.000 tamu undangan sesuai kapasitas tenda, namun seluruh masyarakat bisa ikut menyaksikannya karena digelar di ruang terbuka," ujar Suleman.

Ia mengatakan, gladi resik telah dilakukan untuk memaksimalkan kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan para anggota DPRD kabupaten, pada Sabtu sore pukul 16.00 WITA. Ia berharap, seremonial pelantikan berjalan lancar dan tertib.

Selain kesiapan lokasi pelantikan, pihaknya pun memastikan kata Suleman, sesuai surat yang dikirimkan Sekretariat DPRD kepada dua partai politik peraih suara terbanyak urutan satu dan dua pada Pemilu 2019 di daerah itu, yaitu PDIP dan Nasdem, terkait pimpinan DPRD sementara yang ditunjuk partai.

PDIP dan Nasdem telah mengirimkan dua nama yang akan menjadi pimpinan DPRD sementara, yaitu Djafar Ismail dari PDIP dan Roni Imran dari partai Nasdem. Keduanya akan menjabat pimpinan DPRD sementara, hingga proses penetapan pimpinan dan alat kelengkapan DPRD dilakukan.

Sebelumnya, KPU Gorontalo Utara telah menetapkan partai politik peraih suara terbanyak dan 25 calon anggota DPRD Kabupaten terpilih, yaitu enam kursi PDIP, lima kursi Nasdem, empat kursi Golkar, empat kursi PAN, dua kursi Gerindra, dua kursi PPP, masing-masing satu kursi Hanura dan PKS.
Gladi resik pelantikan anggota DPRD Kabupaten Gorontalo Utara periode 2019-2024. (Foto Susanti Sako/Antaranews)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019