Pemerintah Provinsi Gorontalo akan menghibahkan tanah untuk pembangunan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU)  dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Provinsi Gorontalo.

Pemprov membahas hal itu saat bertemu Ketua Bawaslu di rumah dinas Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Selasa.

“Saya menerima kedatangan jajaran bawaslu hari ini adalah untuk membahas persiapan pilkada 2020 nanti, termasuk di dalamnya perangkat pendukung untuk pilkada berupa bangunan kantor untuk aktifitas sehari-hari,” kata gubernur.

Pihaknya masih akan mencari areal kosong untuk pembangunan kedua kantor.

Dana untuk membiayai pengadaan tanah akan ditanggung pemprov, sementara untuk pembangunan diserahkan ke lembaga masing-masing.

“Kami akan cari lahan di kota agar berdekatan dengan kantor  pemprov sehingga mudah berkoordinasi. Kami hibahkan tanah saja. Untuk pembangunan diserahkan ke instansi masing-masing, yakni Bawaslu dan KPU,” jelasnya di Gorontalo.

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 di Provinsi Gorontalo akan diikuti oleh tiga Kabupaten, yakni Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo, dan Kabupaten Pohuwato.

Gubernur berharap kedua lembaga mempersiapkan pelaksanaan pesta demokrasi tersebut dengan maksimal.

Menurutnya dengan profesionalitas KPU dan Bawaslu serta dukungan masyarakat, maka ketiga pilkada tersebut akan berjalan lancar dan dapat mengedukasi masyarakat.

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019