Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Gorontalo, mengikuti latihan bersama penanggulangan bencana alam di Markas Komando Resor Militer (Makorem) 133/Nani Wartabone.

Latihan bersama ini diperlukan untuk meningkatkan kemampuan aparat dan kesiapsiagaan, dalam menghadapi bencana di Provinsi Gorontalo.

“Kami mengucapkan terima kasih dan memberi apresiasi atas inisiatif Pangdam XIII/Merdeka yang memprakarsai latihan bersama penanggulangan bencana Alam, khususnya kebakaran hutan,” kata Kepala BPBD Provinsi Gorontalo, Sumarwoto di Gorontalo, Kamis.

Dengan latihan bersama, ia yakin aparat akan terlatih dan terampil, memiliki kemampuan bekerjasama dan hubungan yang baik sehingga akan memudahkan dan memaksimalkan peran ketika ada bencana sesungguhnya.

“Sudah tergambar siapa berbuat apa dan apa tanggung jawabnya masing-masing. Ini penting sekali, karena saat tertimpa bencana biasanya akan menimbulkan kepanikan yang luar biasa, saling mengharapkan dan bahkan saling menyalahkan,” jelasnya.

Sumarwoto mengungkapkan pihaknya memberi dukungan penuh upaya latihan bersama dalam meningkatkan kesiapsiagaan di kalangan masyarakat.

Ke depan akan dilakukan evaluasi dan perbaikan sistem latihan agar terus mengalami kemajuan, sehingga aparat penanggulangan bencana benar-benar terlatih dan terampil.

Dalam kegiatan tersebut juga digelar pameran peralatan evakuasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Provinsi Gorontalo.

Kegiatan yang dihadiri Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang itu, berjalan lancar dan kompak.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019