Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Wali Kota Gorontalo Marthen Taha meminta Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) di daerah, untuk bekerja optimal melaksanakan pencegahan dan penangulangan penyebaran penyakit berbahaya tersebut.

"Saya merasa sedih dan prihatin dengan makin meningkatnya jumlah penderita AIDS di daerah ini," kata Marthen, Sabtu.

Dia menjelaskan bahwa sesuai dengan data yang ada, jumlah penderita AIDS di Kota Gorontalo sudah mencapai 80 orang, sehingga tidak menutup kemungkinan angka ini akan bertambah jika tidak mendapat perhatian serius dari berbagai komponen.

Sebab sesuai dengan informasi yang telah diterima, selain yang sudah terdata sebanyak 80 orang penderita, juga telah ditemukan ada 6 orang yang telah teredintifikasi menderita penyakit tersebut.

Dia menjelaskan, selain meminta agar KPA terus melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran AIDS, Pemerintah Kota Gorontalo juga telah meminta kepada seluruh komponen seperti tokoh masyarakat dan agama untuk melakukan pembinaan terhadap pihak yang berpotensi terjangkit penyakit tersebut.

"Peran orang tua dan tokoh adat serta agama sangat besar dalam mencegah penularan AIDS," kata Marten.

Marten juga mengingatkan kepada instansi yang berkompeten dalam menangani penderita AIDS, agar memberikan perhatian dan pembinaan khusus kepada mereka, agar penyakit ini tidak menyebar.

"Harus ada perhatian dan penanganan khusus kepada para penderita penyakit berbahaya ini," kata Marten. 

Pewarta: M. Fachry Said

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014