Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo meminta warga untuk waspada di musim hujan cukup tinggi, yang sekarang ini mulai terjadi di wilayah tersebut.

Wali Kota Gorontalo Marten Taha, Jumat, mengatakan, selain waspada terhadap datangnnya bencana banjir, warga di daerah tersebut diminta untuk selalu memperhatikan kebersihan lingkungan, sehingga tidak menimbulkan wabah penyakit.

"Musim hujan biasanya akan timbul berbagai macam penyakit, seperti demam berdarah, tipes serta gatal-gatal," kata Marten.

Untuk mencegah timbulnya berbagai macam penyakit tersebut, kata Marten, warga harus terus memperhatikan kebersihan terutama sampah dari kaleng bekas serta selokan yang tidak mengalir.

"Jika air hujan tertampung pada kaleng bekas, maka akan menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk," kata Marten.

Selain itu, jika ada selokan yang tidak mengalir karena sudah terhambat dengan sampah, maka harus segera dibersihkan dengan cara mengangkat dan dibakar, sehingga jika hujan datang airnya tidak akan tergenang.

Marten mengatakan, untuk mengantisipasi agar tidak terjadi bencana baik banjir maupun penyakit, maka diminta kepada seluruh camat dan lurah serta instansi tekait lainnya terus mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan.

"Peran aktif masyarakat dan pemerintah daerah harus tetap berjalan dengan baik, dalam menghadapi musim penghujan, supaya tidak tertimpa bencana," kata Marten. 

Pewarta: M. Fachry Said

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014