Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim mendukung penuh Danau Limboto Carnaval 2014, yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

Menurut Idris di Gorontalo, karnaval merupakan upaya yang strategis dalam dalam mengangkat, sekaligus mempromosikan seni dan budaya lokal Gorontalo untuk menjadi salah satu daya tarik wisata.

Pembukaan Danau Limboto Carnaval Tahun 2014 digelar di Sport Center Limboto, sebagai peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Gorontalo ke 341.

"Saya pribadi sangat optimistis ke depan danau ini akan lebih bermanfaat untuk wisata, apalagi saat ini sedang dilakukan revitalisasi danau," katanya.

Sajian bentang alam yang mempesona, lanjutnya, bila ditambah dengan sentuhan unsur budaya lokal akan menarik para wisatawan untuk menjelajahi daerah itu.

Ia juga menilai, selama ini Pemerintah Kabupaten Gorontalo secara terus menerus menumbuh kembangkan seni dan budaya melalui kegiatan pemerintahan, dan mendorong masyarakat untuk tetap memegang teguh hal itu.

Lebih lanjut Idris mengungkapkan, pengembangan dan pelestarian seni dan budaya lokal harus dilakukan dengan langkah strategis yang inovatif dan dengan berbagai terobosan dan kreativitas.

Hal itu diharapkan dapat meningkatkan kecintaan dan rasa memiliki masyarakat terhadap seni dan budaya tersebut. "Dengan demikian masyarakat kita akan lebih mencintai seni dan budaya daerahnya sendiri, dan tidak akan terpengaruh oleh budaya barat yang sangat berbeda dengan akar budaya kita," ucapnya.

Danau Limboto Carnaval 2014 yang dibuka secara resmi oleh Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri Kementerian Pariwisata RI, menampilkan berbagai kesenian dan adat Gorontalo.

Pemda juga menampilkan ribuan peserta yang mengenakan pakaian Karawo, kain sulaman khas Gorontalo.  

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014