Wali Kota Bitung, Maximiliaan J Lomban mengatakan bahwa Festival Walimah mampu meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut).

"Pemerintah sangat mendukung Festival Walimah dan Tablig Akbar 1441 H DPC Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) Kota Bitung karena merupakan kegiatan yang unik, dan mampu meningkatkan wisman," kata Lomban di Bitung, Kamis.

Lomban mengatakan Festival Walimah merupakan kolaborasi antara KKIG Kota Bitung dan Pemkot Bitung.

Ia mengajak masyarakat memanjatkan syukur kepada Tuhan YME sehingga acara budaya Gorontalo dapat dilaksanakan di Kota Cakalang.

Wali Kota juga mengatakan, kegiatan adat Walimah dapat memberi manfaat yaitu terciptanya silahturahmi antara warga Gorontalo dengan masyarakat Kota Bitung serta dapat melestarikan adat budaya Gorontalo.

“Kota Bitung merupakan daerah majemuk di mana ada berbagai macam adat budaya di dalamnya sehingga Pemkot Bitung mempunyai tugas untuk terus melestarikan budaya masyarakat yang ada, sehingga menjadi kekayaan tersendiri bagi Kota Bitung juga dapat menyejahterakan masyarakat Kota Bitung,” kata Max Lomban.

Ia berharap Festival Walima diharapkan menjadi daya tarik wisatawan sehingga memberikan citra yang baik kepada Kota Bitung sebagai kota yang toleran yang kaya akan adat budaya.

“Selaku pemerintah saya juga memberikan apresiasi kepada Wakil Ketua DPR RI, Rahmad Gobel yang turut hadir menyaksikan Festival Walimah sehingga memberikan semangat tersendiri bagi masyarakat dalam rangka membangun Kota Bitung yang sejahtera,” katanya.

Rahmad Gobel mengatakan, kedatangannya untuk mendukung Festival Walimah yang didukung penuh oleh Pemkot Bitung.

“Wali Kota Bitung menunjukkan kecintaanya kepada  semua masyarakat dengan mendukung kegiatan adat seperti ini, untuk membangun tali silaturahmi serta kerukunan, membangun kebanggaan serta menjadikan kegiatan ini sebagai fondasi untuk membangun perekonomian Kota Bitung,” kata Rahmad.

Untuk itu kata Rahmad, tahun depan dirinya akan mendukung penyelenggaraan Festival Walimah, karena menurutnya kegiatan adat seperti ini harus dilestarikan.

 

Pewarta: Jerusalem Mendalora

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019