Rumah kreatif BUMN Bank Rakyat Indonesia (BRI) mengembangkan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) khas daerah.

"Sejak pertengahan tahun 2017, rumah kreatif ini hadir di Gorontalo Utara, sebagai salah satu produk "coorporated social responsibility" Bank BRI Cabang Limboto, Kabupaten Gorontalo yang dibuka di Gorontalo Utara," ujar Rizki Ramadhan, Manajer Rumah Kreatif BUMN BRI, di Gorontalo Utara, Kamis.

Dengan berjalannya waktu, rumah kreatif tersebut, kini fokus mengembangkan produk-produk UMKM khas daerah ini yang dipajang di galeri rumah kreatif, berlokasi di perlintasan Sulawesi, Desa Molingkapoto, Kecamatan Kwandang.

Kehadiran rumah kreatif tersebut kata Rizki, bertujuan sebagai wadah pengembangan UKM di daerah, khususnya di wilayah Kabupaten Gorontalo dan Gorontalo Utara.

Tahun 2019 ini, galeri yang disiapkan telah dimanfaatkan para pelaku UMKM, belasan produk pun dipajang dalam rangka mengenalkan serta memasarkan produk-produk yang dihasilkan.

Pihaknya pun kata Rizki, telah melaksanakan beberapa kali pelatihan untuk pengembangan UMKM, digelar di balai-balai desa, menjangkau wilayah kecamatan perbatasan, baik di wilayah barat Kecamatan Tolinggula, hingga wilayah ujung timur, Kecamatan Atinggola.

"Kita pun memberi pelatihan menyesuaikan potensi komoditas yang berlimpah di setiap kecamatan," ujarnya.

Pelatihan meliputi, produksi produk UKM, manajemen bisnis dan keuangan, digital marketing hingga pameran produk UMKM.

Targetnya, produk-produk UKM di daerah ini dapat laris hingga mampu menembus pasar nusantara bahkan dunia, serta mampu meningkatkan pendapatan para pelaku UMKM.***
Rumah Kreatif BUMN BRI, hadir di Gorontalo Utara. (ANTARA/HO)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019