Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo berkomitmen meningkatkan pelayanan dengan menjadikan kesehatan sebagai salah satu program priorotas di daerah ini.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou di Gorontalo, Senin, mengatakan program kesehatan menjadi prioritas beriringan dengan program pendidikan.

"Saya harus menambah fasilitas di RSUD Toto Kabila. Selain menambah fasilitas juga menyiapkan SDM yang baik supaya beriringan. Jadi ada fasilitasnya memadai, lengkap, tapi juga ditunjang oleh paramedis baik  dokter spesialis maupun dokter ahli untuk menjalankan berbagai fasilitas yang kita adakan tersebut," kata Hamim.

Namun demikian, ia mengatakan masyarakat harus turut pula mendukung program pemerintah di bidang kesehatan dengan ikut mengampanyekan gerakan hidup sehat.

"Tidak hanya sekadar pengobatannya, tapi kampanye-kampanye kesehatan harus terus kita galakkan, itu menjadi penting termasuk urusan pernikahan. Ini menjadi tugas kita semua," ujar Hamim.

Saat ini, kata Hamim, baik Pemkab Bone Bolango, Pemerintah Provinsi Gorontalo maupun pemerintah pusat sudah berlomba-lomba membuat program kesehatan, salah satunya pengobatan gratis, tapi jika tidak ada dukungan masyarakat, program kesehatan tidak akan ada gunanya.

Namun,  menurut dia, selama ini secara kuratif sudah dilakukan, tetapi bagaimana preventifnya, karena pengobatan sudah gratis, lantas masyarakat tidak mau hidup sehat, masih merokok, minuman keras, menikah dengan saudara dekat dan lain-lain.

"Pencegahan harus dilakukan. Karena itu upaya sebenarnya caranya sangat sederhana," kata Hamim.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019