Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Gorontalo, Darda Daraba meminta guru mengawasi perilaku para siswa, yang mengarah pada kriminalitas.

Menurutnya maraknya aksi panah wayer oleh oknum siswa yang membuat sejumlah warga menjadi korban, hingga membutuhkan penanganan bersama seluruh pihak.

Selain itu peredaran minuman keras di kalangan remaja, harus menjadi perhatian semua pihak tidak hanya pemerintah dan TNI/Polri tetapi juga orang tua dan guru.

"Dalam berbagai kesempatan, gubernur mengaku sangat prihatin dengan berbagai aksi kenakalan dan kriminal yang melibatkan siswa sekolah. Karena itu kami turun langsung sosialisasi kepada guru dan siswa tentang hal ini," ungkapnya di Gorontalo, Rabu.

Salah satu sekolah yang dikunjunginya adalah SMA Negeri 1 Telaga Biru di Kabupaten Gorontalo, yang mempunyai jargon “Sekolah Ramah Anak”.

"Anak-anakku khususnya di SMA 1 Telaga Biru ini hindari hal-hal yang merusak masa depan, jangan pernah membuat catatan hitam,” ujar Sekda.

Dengan jargon sekolah ramah anak, ia menilai sudah seharusnya SMA 1 Telaga Biru mampu menciptakan SDM unggul yang memiliki moral yang baik, bermental serta berkarakter kuat.

Menurutnya para guru bisa mengarahkan siswa, untuk menggeluti berbagai kegiatan dan hobi yang positif agar tidak menyimpang ke aksi kriminalitas.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019