DPRD Provinsi Gorontalo menggelar rapat paripurna dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19 Provinsi Gorontalo di ruang sidang DPRD Gorontalo, Kamis.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo Sofyan Puhi mengatakan bahwa peringatan HUT Provinsi Gorontalo diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 9 Tahun 2015.

Perda tersebut menyebutkan bahwa HUT Provinsi Gorontalo sebagai daerah otonom dalam ikatan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah tanggal 5 Desember.

Menurutnya, peringatan HUT ke-19 Provinsi Gorontalo merupakan wahana retrospektif, introspektif, dan prosfektif.

Ketiga hal itu merupakan upaya untuk menengok masa lalu sebagai mata rantai sejarah yang sangat bernilai untuk menapaki masa depan.

“Peringatan HUT ini bukan semata-mata mengenang dan berbagi cerita, bukan pula sekedar bergembira atau kegiatan seremonial belaka. Tetapi sebagai wahana retrospektif, introspektif, dan prospektif untuk membangun Gorontalo yang unggul, maju, dan sejahtera,” katanya.

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengatakan banyak keberhasilan yang telah diraih oleh Provinsi Gorontalo.

Dalam kurun waktu awal pembentukan Provinsi Gorontalo hingga saat ini, terjadi peningkatan Indeks Pembangunan Manusia dari 64,3 poin naik menjadi 67,71.

Demikian pula halnya persentase penduduk miskin yang terus menurun, dari 32,13 persen pada tahun 2002 menjadi 15,52 persen pada Maret 2019.

“Pertumbuhan ekonomi kita juga cukup tinggi sebesar 6,51 persen di tahun 2018, berada di atas rata-rata pertumbuhan nasional yang hanya sebesar 5,17 persen. Pendapatan perkapita per tahun juga meningkat mencapai Rp31,83 juta pada tahun 2018,” jelasnya.

Pemprov Gorontalo juga menerima sejumlah penghargaan dari Pemerintah Pusat di antaranya penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian enam kali berturut-turut dalam pengelolaan keuangan daerah dari Presiden RI, penghargaan Karya Bakti Pramuka, serta penghargaan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

“Meski demikian, tantangan ke depan masih banyak dan butuh kerjasama kita semua," imbuhnya.

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019