Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Ketua PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah, yang juga Bunda PAUD Provinsi Gorontalo menegaskan, pentingnya pengenalan nilai budaya sejak dini kepada anak-anak.

Menurut Idah, Rabu, budaya yang perlu dikenalkan tidak hanya Indonesia saja, namun budaya negara lain juga sebaiknya dikenalkan.

Ia menilai pendidikan multikultural merupakan salah satu solusi untuk mengenalkan anak terhadap banyaknya kebudayaan negara-negara di dunia.

Dengan pengenalan budaya, kata dia, diharapkan ada kekenyalan dan kelenturan mental anak bangsa untuk menghadapi benturan konflik sosial, sehingga persatuan bangsa tidak mudah patah dan retak.

"Pada dasarnya anak-anak merupakan pendengar dan peniru yang baik. Tentunya dengan pengenalan sejak dini, mereka dengan mudah menerima pendidikan yang disampaikan," katanya.

Disamping itu, pendidikan multikultural masuk sebagai bahan ajar yang relevan dengan kondisi bangsa saat ini, jelasnya.

Untuk itu, kata dia, kesadaran masyarakat khususnya para orang tua terhadap pentingnya pendidikan karakter melalui pengenalan nilai kebudayaan perlu ditingkatkan.

Pendidikan multikulutral juga mencakup pengembangan kepribadian di dalam dan luar lingkungan sekolah yang mempelajari tentang berbagai macam status sosial, ras, suku, agama agar tercipta kepribadian yang cerdas.

"Kegiatan ini sangat positif dan tentunya diharapkan dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah yang lain untuk mulai melaksanakan kegiatan seperti ini," tambahnya.  

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014