Truk bermuatan terperosok di jalan yang amblas lintas Sulawesi, tepatnya di Dusun Sipatana, Desa Tolite Jaya, Kecamatan Tolinggula, Kabupaten Gorontalo Utara, mengakibatkan antrean panjang di jalan utama antara Buol, Sulawesi Tengah dan Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

"Struktur jalan sangat rawan dilewati kendaraan besar bermuatan berat, jika ada pengendara memaksa melintas maka akibatnya seperti yang terjadi saat ini, sejak pukul 11.00 Wita, lintas Sulawesi antara Buol, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo ini, mengalami antrean panjang kendaraan dari dua arah," ujar Sadam Salihi, tokoh pemuda, warga Desa Tolite Jaya, di Gorontalo, Sabtu.

Truk yang memaksa melintas terperosok akibat salah satu ban tertanam.

Sangat sulit mengeluarkan ban yang terperosok tersebut, bahkan sudah dibantu oleh puluhan warga tetap tidak dapat membantu mengeluarkan ban yang tertanam mengakibatkan truk terperosok.

"Harus menggunakan alat berat, itu pun harus ekstra hati-hati agar alat berat yang akan menarik truk tidak ikut terperosok," ujar Sadam yang sementara berada di lokasi.

Antrean panjang dari dua arah baik dari Gorontalo ke Buol maupun sebaliknya, tidak terhindari sejak pukul 11.00 Wita.
Warga setempat, secara swadaya memasang batang pohon kelapa untuk membantu kendaraan agar bisa melintas satu persatu, namun hanya pengendara nekad yang berani melintas.

Sementara itu, Kepala Desa Tolite Jaya, Iwan Pakaya mengatakan telah mengerahkan perangkat desa bersama warganya, untuk membantu pengaturan lalu lintas agar kendaraan bisa melintas.

Sistem buka tutup terpaksa dilakukan sebab kondisi jalan semakin mengkhawatirkan dan terus amblas.

Pihaknya berharap penanganan jalan amblas sepanjang 100 meter tersebut agar dipercepat.*
Satu unit truk bermuatan, terperosok di jalan amblas lintas Sulawesi antara Buol-Gorontalo, di Desa Tolite Jaya, Kecamatan Tolinggula, Gorontalo Utara, menyebabkan antrean panjang kendaraan. (ANTARA/HO)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020