Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, berharap, kerja sama yang terus dibangun dengan pihak Universitas Negeri Gorontalo (UNG) akan menambah sumber pendapatan daerah.

Hal itu disampaikan Bupati Indra Yasin, di Gorontalo, Selasa, usai melakukan pertemuan dengan Rektor UNG, Eduart Wolok bersama jajaran perguruan tinggi tersebut, dirangkaikan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) untuk melanjutkan kerja sama di bidang penelitian dan pengabdian.

Bupati mengatakan, kerja sama dengan UNG, telah lama dijalin.

Bahkan Universitas tertua di Provinsi Gorontalo itu, telah mempromotori kerja sama utara-utara antara Pemkab Gorontalo Utara dengan Buol, Sulawesi Tengah, Bolaang Mongondow Utara, Sulawesi Utara dan Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, di beberapa bidang.

"UNG memegang peranan penting dalam mendorong kemajuan wilayah-wilayah tersebut, khususnya kawasan pesisir dengan melakukan penelitian sebagai data ilmiah bagi Pemkab dalam memajukan sektor perikanan, peternakan hingga pariwisata, khususnya di kabupaten ini," ujarnya.

Pemkab pun tidak sekedar bangga terhadap kerja sama yang berhasil dipertahankan itu, namun diharapkan kerja sama tersebut mampu menggali seluruh potensi yang dimiliki, dalam rangka meningkatkan sumber penerimaan bagi daerah.

"Muaranya untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat, maka Pemkab antusias menjalin kerja sama lanjutan tersebut," ucapnya.

Sementara itu, rektor UNG Eduart Wolok mengatakan, setelah MoU tersebut ditandatangani, maka pihaknya akan langsung menindaklanjuti melalui perjanjian kerja sama dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

UNG akan melakukan penelitian terkait potensi daerah tersebut, sebab kita berkemampuan menyajikan data yang akan digunakan Pemkab dalam menentukan arah dan kebijakannya, khususnya di sektor-sektor unggulan yang dikerjasamakan.

"Kita menargetkan, Gorontalo Utara sebagai salah satu daerah penyanggah ibu kota baru Indonesia, di Kalimantan. Maka kesiapannya tidak hanya dari segi pemenuhan sumber daya alam, namun memprioritaskan sumber daya manusia dalam upaya percepatan kemajuan perekonomian daerah. ***
Indra Yasin, Bupati Gorontalo Utara dan rektor UNG, Eduart Wolok, melakukan penandatanganan MoU lanjutan, kerja sama pemerintah daerah tersebut dengan UNG, di bidang penelitian dan pengabdian. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020