Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan, dirinya mendatangi Menteri Kesehatan Nila Moeloek di kantornya di jalan Rasuna Said kawasan Kuningan, Jakarta, demi meyakinkan pembangunan RSDU Ainun Habibie.

Menurut gubernur, Selasa, pada pertemuan tersebut ia lebih banyak membicarakan tentang tekad pemerintahannya dalam membangun rumah sakit umum daerah tahun 2015.

Rumah sakit itu diharapkan menjadi rumah sakit rujukan tipe B pertama di Gorontalo. Pemprov sendiri sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp55 Miliar untuk itu.

"Alhamdulillah respon dari ibu menteri sangat baik sekali. Beliau akan memasukan pembangunan RSUD ini ke RPJMN pemerintahan Jokowi-JK," katanya.

Ia menilai untuk membangun rumah sakit dengan kualitas terbaik tidak cukup hanya dengan mengandalkan dana daerah.

Terlebih lagi rumah sakit yang diberi nama Hasri Ainun Habibie itu membutuhkan peralatan medis dan tenaga ahli dengan dana besar.

Ia berharap Kementerian Kesehatan bisa mengalokasikan anggaran yang cukup untuk merealisasikannya.

"Sebab Gorontalo sudah punya Prohram Jamkesta yang terintegrasi Jaminan Kesehatan Nasional. Artinya dari sisi penjaminan warga sudah baik, tinggal masalah fasilitas kesehatan yang masih sangat minim," imbuhnya.

Selain berupaya meyakinkan pemerintah pusat, Gubernur juga sudah menjalin komunikasi dengan para investor untuk membangun fasilitas kesehatan.

Pemilik Lippo Group James Riyadi, kata dia, menjadi salah satu investor yang serius untuk memnbangun rumah sakit swasta di Gorontalo.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2014