Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) Republik Indonesia tahun 2013 lebih fokus dalam penciptaan lapangan kerja guna mengatasi persoalan pengangguran.

Direktur Jenderal Penempatan Tenaga Kerja Kemenakertrans RI, Reyna Usman, Sabtu (27/4) di Gorontalo mengatakan, penciptaan lapangan kerja tersebut dikelompokkan pada sejumlah kegiatan.

Hal itu dilakukan melalui penyempurnaan iklim investasi dan usaha melalui optimalisasi penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu di tingkat provinsi hingga kabupaten/kota.

Kelompok kegiatan selanjutnya adalah investasi yang dilakukan pemerintah atau badan usaha milik negara (BUMN) yang dapat dimonitor secara cepat.

Termasuk pembangunan infrastruktur di koridor Sumatera, Jawa, dan Kalimantan dalam rangka mendukung masterplan percepatan serta perluasan pembangunan ekonomi Indonesia.

"Kita juga fokus meningkatkan investasi swasta dalam jangka pendek yang mempunyai dampak terhadap penciptaan lapangan kerja," Ujar Reyna.

Kegiatan berikut, katanya, adalah meningkatkan efektivitas program Anggaran Pendapatan Belanja Negara yang dapat memperluas kesempatan kerja dan meningkatkan kapasitas pekerja.

Terakhir menyempurnakan peraturan yang belum dapat diselesaikan pada tahun 2012 atau sebelumnya yang diperkirana bisa selesai di akhir tahun 2013.

"Selain itu, penyusunan peraturan baru pun akan dilakukan dalam rangka memperlancar kegiatan ekonomi termasuk mendorong investasi dan penciptaan lapangan kerjam," kata Reyna.

Pewarta: Oleh Wahiyudin Mamonto

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013