Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, belajar tentang penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD), di Pemerintah Kota Manado, Sulawesi Utara.

Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, sesampainya di Gorontalo, Sabtu, mengatakan, studi komparatif dan supervisi tersebut, dilakukan dalam rangka optimalisasi penyusunan LPPD.

Rombongan yang dipimpinnya, terdiri dari para sekretaris organisasi perangkat daerah (OPD), serta para kepala sub bagian (kasubbag) perencanaan dan beberapa staf penyusun program.

Gorontalo Utara, kata dia, harus mengakui kemajuan serta berbagai kelebihan yang telah berhasil diraih oleh Pemerintah Kota Manado. "Sebab Manado seperti 'kakek' kita," ucapnya.

Wabup menilai, Kota Manado yang sejak berdirinya menjadi ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, sudah sangat wajar jika telah berkembang sehebat saat ini.
Oleh karena itu, tidak salah jika Pemkab Gorantalo Utara belajar tentang penyusunan LPPD di Kota Manado.

Namun, Wabup berpesan agar seluruh OPD, memanfaatkan kegiatan tersebut dengan baik, agar studi komparatif tidak sekadar menjadi kunjungan biasa.

"Sekembalinya dari Manado, harus ada rencana kerja untuk menindaklanjuti hasil studi komparatif, termasuk melakukan kolaborasi dan kerjasama yang baik antar OPD, untuk suskesnya penyusunan LPPD di tahun 2020," ungkap Wabup.

Kepada Pemerintah Kota Manado, Wabup menyampaikan harapan agar dapat membuka diri untuk melakukan kerja sama di bidang ekonomi, sebagai daerah yang memiliki beberapa kemiripan yaitu sama-sama di wilayah utara dan sama-sama sebagai basis pertahanan ekonomi, maka bukan tidak mungkin Manado dan Gorontalo Utara dapat menjalin kerja sama untuk pengembangan ekonomi.

Kunjungan tersebut diterima langsung Asisten 1 Bidang Pemerintahan Dan Kesra Pemerintah Kota Manado, Heri Saptono, di ruang sidang paripurna DPRD Kota Manado.

Heri mengatakan, beberapa prestasi yang diraih Kota Manado, yaitu juara 1 penyusunan LPPD se-Sulawesi Utara.

Serta APBD Kota Manado yang sudah mencapai Rp2 triliun dan PAD kurang lebih mencapai Rp400 miliar per tahun.

Pemerintah Kota Manado, juga telah memiliki "Manado Command Center", yang juga selalu meraih juara 1 dalam berbagai iven nasional maupun regional.***
Wakil Bupati Gorontalo Utara, pimpin rombongan OPD melakukan studi komparatif dan asistensi penyusunan LPPD di Pemerintah Kota Manado, Sulawesi Utara. (ANTARA/HO)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020