Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, Rabu, meminta masyarakatnya untuk tetap bersikap tenang menghadapi wabah virus corona baru atau Covid-19.

"Jangan sampai wabah ini mematikan semua kegiatan kita, termasuk di bidang pariwisata. Kuncinya adalah, menghindari kontak langsung, menjaga kesehatan dan stamina tubuh, rajin-rajin mencuci tangan dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)," ucapnya, usai membuka rangkaian kegiatan Festival Bahari yang akan digelar selama dua hari, pada 18-19 Maret 2020, dipusatkan di objek wisata Botudidingga, Desa Dambalo, Kecamatan Tomilito.

Ia pun meminta para camat dan kepala desa yang hadir saat itu, untuk menyampaikan kepada masyarakat agar menyerahkan kondisi tersebut (Corona, red) kepada Allah Maha Besar,  dengan tetap menjaga perilaku hidup sehat, wudhu jika perlu memakai sabun. 

Kegiatan yang diawali dengan menggelar forum diskusi grup, mengangkat tema Pengembangan Destinasi Wisata di Gorontalo Utara menuju Destinasi Unggul tersebut, dihadiri kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, pihak Perguruan Tinggi, pemerhati pariwisata, kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Kwandang, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, kepala desa dan jajaran Dinas Pariwisata setempat.

Pengembangan pariwisata di daerah itu sangat penting kata bupati, maka diskusi tersebut diharapkan mampu merumuskan konsep-konsep pembangunan di sektor pariwisata daerah.

Garis pantai yang memanjang dari wilayah timur, di Kecamatan Atinggola hingga wilayah barat, Kecamatan Tolinggula, sepanjang 371 kilo meter, harus mampu dimanfaatkan dan dikembangkan dengan optimal, termasuk 52 pulau cantik yang dimiliki. 

"Dalam menghadapi kondisi ini, perlu meningkatkan keyakinan. Makanya, kegiatan pemerintahan dan pembangunan daerah jangan terhenti karena wabah virus Corona," ujar bupati.

Sementara itu, kepala Dinas Pariwisata setempat, Badar Pakaya, selaku ketua panitia penyelenggara mengatakan, rangkaian festival tersebut akan diwarnai dengan beragam lomba.

Untuk hari pertama atau pada pembukaan dan pelaksanaan forum diskusi grup, pihaknya sengaja membatasi jumlah peserta yang hadir.

Malam harinya, akan digelar atraksi seni dan budaya, serta pada puncak pelaksanaannya atau Kamis (19 Maret 2020), akan digelar lomba perahu hias, balap perahu tradisional dan lomba tarik tambang di atas air.

Festival Bahari yang sengaja digelar di objek pariwisata baru tersebut, diharapkan menjadi ajang promosi pariwisata daerah yang dikelola melalui anggaran dana desa.***
Indra Yasin, Bupati Gorontalo Utara, pada rangkaian pelaksanaan Festival Bahari oleh Dinas Pariwisata setempat, di objek wisata Botudidingga, Desa Dambalo, Kecamatan Tomilito. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020