Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, meninjau kondisi Pelabuhan Kwandang, untuk melihat langsung upaya pencegahan penyebaran COVID-19 yang diterapkan pihak pengelola pelabuhan nusantara yang melayani pelayaran rute antar pulau untuk penumpang dan barang.

Wabup, selaku ketua pengarah gugus tugas COVID-19, di Gorontalo, Jumat, mengatakan, memberi arahan serta petunjuk untuk memastikan penumpang yang masuk atau turun di pelabuhan tersebut dapat terpantau optimal.

Setiap orang atau penumpang yang masuk melalui Pelabuhan Kwandang, harus diketahui atau dilaporkan kepada tim gugus tugas kabupaten.

Mereka, baik penumpang maupun kru kapal, wajib didata identitasnya, wajib melewati pemeriksaan suhu tubuh dan hasil pemeriksaan serta alamat yang dituju oleh penumpang, wajib dicatat dan dilaporkan ke tim gugus tugas.

Dengan pola tersebut kata Wabup, tim gugus tugas kabupaten, dapat mengambil tindakan sesuai dengan protokol pencegahan dan penanggulangan COVID-19.

Wabup juga meninjau pintu masuk di perbatasan Atinggola di wilayah timur, yang berbatasan dengan Sulawesi Utara.

Ia turut mengecek kesiapan dapur umum untuk melayani para petugas dari 12 tim gugus tugas yang ditempatkan di pintu masuk perbatasan tersebut.

Wabup turut memberi petunjuk penanganan atau standar operasional prosedur (SOP), seperti pengukuran suhu tubuh para penumpang yang melewati perbatasan.

Ia juga melakukan koordinasi langsung dengan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara, terkait pemberlakuan sistem buka tutup pintu perbatasan tersebut.***
Thariq Modanggu, Wakil Bupati Gorontalo Utara (kiri), meninjau posko terpadu gugus tugas di perbatasan Atinggola, terkait upaya percegahan dan penanganan COVID-19. (ANTARA/HO)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020