Fraksi Nasional Demokrat (NasDem) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD), untuk tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Zainal Umar Siddiki, Selasa. 

Bantuan itu diserahkan langsung penasihat fraksi, Roni Imran, yang juga menjabat wakil ketua I DPRD setempat dan diterima Direktur rumah sakit, dr Sri Fenty Sagaf.

Bantuan APD yang diserahkan secara simbolis itu, kata Roni, seperti APD, masker, cairan pembersih tangan (hand sanitizer), kaca mata google, pelindung wajah (face shield) serta sarung tangan medis "handscoon".

Bantuan yang difasilitasi Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel tersebut, langsung didatangkan dari Jepang, mengingat stok di dalam negeri masih sulit diperoleh.

APD kata Roni, sangat diperlukan para petugas medis untuk mengantisipasi penanganan pasien dalam pengawasan maupun pasien COVID-19.

"Semoga tidak ditemukan kasus COVID-19 di daerah ini, namun upaya pencegahannya perlu optimal, termasuk memastikan bahwa para tenaga medis di daerah ini aman saat memberi pelayanan," ungkapnya. 

Bantuan tersebut akan berkelanjutan, tidak hanya untuk para petugas medis, fraksi NasDem juga akan menyalurkan bantuan masker ke para pekerja di sektor informal, seperti abang bentor (becak motor, red), pedagang asongan, penjual di pasar-pasar tradisional serta para buruh yang setiap harinya harus mencari nafkah agar bisa mendapatkan penghasilan.

Sebanyak 20 ribu paket APD akan disebar kata Roni, juga diharapkan menjangkau seluruh puskesmas di 11 kecamatan.

Ia berharap, APD tersebut dapat segera dimanfaatkan, khususnya dalam menangani pasien kategori orang dalam pemantauan (ODP) maupun pasien dalam pengawasan (PDP) di rumah sakit tersebut.

Sementara itu, Direktur RSUD Zainal Umar Siddiki, dr Sri Fenty Sagaf, sangat berterima kasih telah mendapatkan bantuan APD.

"Kami memang mengalami minim APD, bahkan stok masker mulai menipis dan masih kesulitan melakukan pemesanan dalam jumlah besar, sebab terjadi kekosongan di penyedia barang, karena harus berebutan dengan daerah-daerah lain," ujar Fenty.

Ia mengapresiasi bantuan tersebut dan memastikan akan memanfaatkannya untuk penanganan ODP maupun PDP yang menjalani rawat inap di rumah sakit tersebut.***
Roni Imran, penasihat F-NasDem dan wakil Ketua I DPRD Gorontalo Utara, menyerahkan bantuan perangkat APD kepada tim medis di RSUD Zainal Umar Siddiki, diterima langsung Direktur, dr Sri Fenty Sagaf. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020