Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 di Gorontalo Utara dr Mohammad Ardiansyah mengatakan, 18 orang penumpang KM Sabuk Nusantara-97 yang tiba dari Nunukan, Kalimantan Utara, dinyatakan sehat dan tidak bergejala COVID-19.

"Mereka (penumpang, red) melalui screening atau tahapan pemeriksaan kesehatan sesuai protokol yang ditetapkan, suhu tubuh seluruhnya normal dan tidak bergejala COVID-19, sehingga tidak ada yang ditetapkan sebagai orang dalam pemantauan (ODP), juga tidak ada yang dirawat atau pasien dalam pengawasan (PDP)," ujar Ardiansyah di Gorontalo, Jumat.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Gorontalo itu juga mengemukakan bahwa sesuai data yang diterima, penumpang KM Sabuk Nusantara-97 tujuan pelabuhan Kwandang, sebanyak 22 orang, 18 penumpang berasal dari Gorontalo, empat orang berasal dari Sulawesi Utara (Sulut) yaitu satu orang dari Kota Tomohon, tiga orang dari Belang, Minahasa Tenggara.

"Seluruhnya sehat dan tetap dibekali pengetahuan tentang melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19," ujarnya.

Sejauh ini, kata dia, tidak ada penambahan jumlah ODP di daerah itu, atau jumlahnya masih sama seperti hari sebelumnya (Kamis, 2/4).

Sebanyak 104 ODP tercatat di Kabupaten Gorontalo Utara ini, 15 orang di antaranya telah melalui masa karantina dengan kondisi yang baik atau sehat, tanpa perawatan inap di rumah sakit.

Sementara untuk PDP, jumlahnya tetap enam orang, namun empat orang sudah selesai menjalani masa pengawasan dan terkonfirmasi negatif COVID-19.

Ia menjelaskan bahwa satu orang PDP masih dirawat di ruang isolasi rumah sakit rujukan Aloei Saboe Gorontalo, karena masih menunggu hasil pemeriksaan PCR-nya.

Sementara satu PDP lainnya, telah selesai menjalani perawatan di ruang isolasi dan telah dipulangkan ke rumah, namun masih menunggu konfirmasi hasil laboratorium, sehingga tetap melakukan isolasi mandiri di rumah dengan kategori dalam pengawasan petugas kesehatan.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Gorontalo dr Nurhayati Lahay menyatakan seluruh penumpang KM Sabuk Nusantara-97 dalam kondisi sehat.

"Kami melakukan pemeriksaan pada seluruh penumpang, saat masih di atas kapal. Rangkaiannya sesuai protokoler pemeriksaan kesehatan COVID-19, yaitu pemeriksaan suhu tubuh dan gejala klinis lainnya," ujarnya.
3 orang penumpang asal Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, juga menjadi penumpang KM Sabuk Nusantara-97 tujuan Pelabuhan Kwandang, Gorontalo Utara, juga melewati "screening" atau pemeriksaan kesehatan cegah COVID-19, berupa cek suhu tubuh dan rekam medis atau riwayat penyakit serta perjalanan, sebelum masuk di ruang di Pelabuhan Kwandang dari Nunukan, Kalimantan Utara. (ANTARA/Susanti Sako)

 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020