Manado, (ANTARA GORONTALO) - Sebanyak 181 pemilik suara dari DPW dan DPD Partai Amanat Nasional se-Indonesia Timur akan mendeklarasikan dukungannya kepada Hatta Rajasa untuk maju kembali sebagai calon Ketua Umum DPP PAN periode 2015-2020.

"Pengurus DPW dan DPD PAN se-Indonesia Timur yang memiliki hak suara, dan saat ini sudah hadir di Manadao ada sebanyak 164 pemilik suara. Sebanyak 17 lainnya masih dalam perjalanan, tapi sudah memberi konfirmasi akan hadir," kata Ketua DPW PAN Provinsi Sulawesi Utara Tatong Bara di Manado.

Tatong Bara, koordinator deklarasi di Sulawesi Utara menegaskan dukungan dari para pengurus DPW dan DPD PAN se-Indonesia Timur kepada Hatta Rajasa bukan sekadar klaim, karena sebelumnya sudah divalidasi.

Mereka seluruhnya, kata dia, hadir secara fisik di Manado dan telah menunjukkan dokumen resmi berupa surat keputusan sebagai pengurus yang masih berlaku untuk divalidasi.

"Wujud konkret dukungan terhadap Hatta Rajasa, mereka tetap hadir ke Manado meskipun ada calon lain yang melakukan deklarasi di Lombok, NTB, pada waktu yang bersamaan," katanya.

Menurut Tatong, dari seluruh wilayah Indonesia Timur meliputi, Bali, NTB, NTT, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat, hanya Kalimantan Timur yang mendukung calon lainnya yakni Zulkifli Hasan.

Sedangkan provinsi lainnya, kata dia, solid dan mayoritas mendukung Hatta Rajasa untuk kembali memimpin PAN selama lima periode berikutnya.

Ketua DPW PAN Nusa Tenggara Timur (NTT) Eurico Guiteres menegaskan, dirinya komitmen untuk taat terhadap organisasi yani PAN.

Menurut Eurico, pada kepemimpinan Hatta Rajasa sebagai Ketua Umum DPP PAN periode 2010-2015, dan kepemimpinannya di di NTT, PAN di NTT mengalami kemajuan pesat, yakni berhasil meningkatkan jumlah anggota legislasi tingkat provinsi dari satu menjadi lima serta anggota legislasi tingkat kabupaten/kota dari 11 menjadi 24.

Eurico juga melihat Hatta Rajasa sbagai figur yang kompeten untuk memajukan dan membesarkan partai.

"Agar PAN dapat lebih besar lagi, maka Hatta Rajasa harus melanjutkan kepemimpinannya selama satu periode lagi," katanjya.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015