Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat akan menjalankan fungsi sosialnya untuk membantu menyukseskan program ketahanan pangan di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, guna mendorong perekonomian rakyat setempat.

Komandan Batalyon (Danyon) Infanteri 713/Satya Tama Letkol Inf. Hendi Ahmad Pribadi saat bertemu dengan Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Kamis, meminta pemerintah kabupaten setempat untuk tidak segan-segan memanggil pihak TNI jika perlu bantuan guna mendukung sektor pertanian itu.

"Kebetulan pasukan tempur berdomisi di Provinsi Gorontalo maka kami siap dan akan membantu bilamana ada program-program yang memerlukan tenaga TNI AD, seperti program ketahanan pangan dan juga program reboisasi hutan di Kabupaten Bone Bolango," Hendi.

Selain membantu program-program pemerintah daerah, kata dia, juga akan berupaya melakukan patroli di semua wilayah, Kabupaten Bone Bolango, dalam rangka untuk menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban.

"Diharapkan dengan adanya silaturahmi seperti ini, akan terjadi komunikasi yang baik antara TNI AD dan pemerintah kabupaten. Dengan demikian, diharapkan adanya komunikasi yang baik akan mempermudah koordinasi ke depan," katanya.

Bantuan TNI AD nanti, kata dia, bisa berupa pembukaan lahan baru untuk menanam hasil-hasil pertanian, membantu pemkab membuka akses jalan desa untuk mendukung sektor pertanian, dan sebagainya.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengungkapkan bahwa pemkab menyambut baik dan mengapresiasi keinginan TNI untuk mendorong percepatan ketahanan pangan di daerah.

Bupati berharap mudah-mudahan bantuan dari TNI AD ini merupakan wujud keterpaduan yang sinergi dan saling bantu dalam penyelenggaraan kegiatan maupun program, khususnya di bidang pertanian dan bidang lainnya.

"Tugas TNI ini sungguh luar biasa, selain melindungi masyarakat, TNI juga bisa membantu dalam hal pembangunan, khususnya di bidang ketahanan pangan. Membantu percepatan dan menjaga ketahanan pangan merupakan bagian operasi militer selain berperang," kata Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati berharap agar TNI AD untuk senantiasa mempertahankan kondisi keamanan dan ketertiban wilayah dengan baik. Selain itu, berkoordinasi dan bekerja dengan baik di lapangan serta saling membantu sesuai dengan tugas masing-masing. 

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015