Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Bupati Gorontalo, David Bobihoe Akib, meminta seluruh Kepala Puskesmas di daerah itu, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Pekan kemarin, saya telah mengevaluasi langsung kinerja seluruh Kepala Puskesmas yang menempati posisinya melalui hasil lelang jabatan," ujar bupati di Limboto, Selasa.

Ia berharap, setelah satu bulan menjabat atau di 100 hari bertugas, seluruh Kepala Puskesmas sudah mengetahui kondisi lingkup pelayanannya, serta mampu berbenah menyelesaikan masalah-masalah lama agar tidak terjadi lagi.

"Lelang jabatan Kepala Puskesmas tujuannya agar pejabat yang ditempatkan, adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu memanajerial organisasi kerjanya dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Serta mampu menyelesaikan beragam persoalan internal di Puskesmas," kata bupati.

Lanjut ia, pemerintah daerah dan masyarakat menaruh harapan baru kepada para Kepala Puskesmas, agar semakin meningkatkan pelayanan tanpa menimbulkan masalah baru di internalnya.

Sebanyak 21 Kepala Puskesmas seluruhnya adalah SDM baru hasil lelang jabatan, sehingga diyakini memiliki karakter kepemimpinan berkualitas, serta menguasai fungsi-fungsi manajerial dengan baik.

"Sehingga harus mampu menekan masalah-masalah klasik yang selama ini menjadi persoalan serius dan sering dikeluhkan masyarakat serta staf puskesmas itu sendiri," kata bupati.

Ia berharap, seluruh Kepala Puskesmas meningkatkan kedisiplinan dan etos kerjanya, menjadi contoh dan panutan yang baik, mampu merubah pola pikir "mindset" staf Puskesmas.

Serta banyak berbenah dan melakukan evaluasi internal dan eksternal dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015