Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengimbau warga untuk mengoptimalkan program bantuan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), terutama desa-desa yang sulit mendapatkan air bersih.

"Kebutuhan air bersih itu sangat penting, karena menyangkut kehidupan manusia. Ini menjadi perhatian serius pemerintah," kata bupati saat peresmian Pamsimas di Desa Tinemba dan Dumbayabulan, kecamatan Suwawa Timur.

Bupati mengakui bahwa Desa Tinemba dan Dumbayabulan sejak dulu kesulitan mendapatkan air bersih, sehingga masyarakat banyak mengeluhkan ke pemerintah daerah setempat.

"Saya selalu ditelpon dan di SMS warga Desa Tinemba dan Dumbayabulan, bahwa kapan air bersih bisa masuk. Alhamdulillah air bersih sudah bisa meluncur dengan deras dan masyarakat sudah bisa menikmatinya," ujarnya.

Pemerintah daerah sudah berinvestasi mahal untuk membangun dan menyediakan sarana dan prasarana air bersih untuk masyarakat, sehingga masyarakat harus merasa bertanggungjawab untuk merawatnya.

Bupati optimis jika fasilitas Pamsimas itu dirawat dan dipelihara dengan baik, maka penggunaan dan pemanfaatnya akan lama guna memenuhi kebutuhan warga.

Sementara beberapa desa lainnya yang belum tersentuh dengan program ini, bupati meminta tidak berkecil hati, karena akan terus berlanjut ke semua wilayah yang membutuhkan ketersediaan air bersih dan sanitasi berbasis masyarakat.

Bupati juga mengajak warga agar terus mendukung pemerintahan daerah saat ini untuk memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat.

"Mari dukung program-program pemerintah daerah, kalau ada yang merasa belum optimal pelayanannya, sebaiknya dilaporkan ke instansi-instansi terkait untuk ditindaklanjuti," tambahnya.  

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015