Wakil bupati (Wabup) Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, Kamis mengimbau masyarakat di daerah itu, untuk berkontribusi dengan menjaga kesehatan masing-masing.

Penyaluran bantuan pangan non tunai bagi warga terdampak COVID-19, berlangsung dengan baik dari sisi peruntukannya.

Sementara Dinas Sosial setempat, telah menunjukkan konsistensinya bahwa penerima bantuan sesuai data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yaitu non program keluarga harapan (PKH) dan non bantuan pangan non tunai (BPNT).

"Saya pun sudah memastikannya dan Dinas Sosial sudah mengkonfirmasinya, untuk mencegah data ganda yaitu satu keluarga penerima manfaat (KPM) menerima bantuan berulang atau lebih dari satu bantuan dari tiga jenis yang disalurkan. Kondisi ini wajib dicegah melalui penyempurnaan data di setiap desa," ujar Wabup.

Selain itu imbaunya, kondisi yang perlu benar-benar diciptakan saat ini, adalah bantuan masyarakat dalam upaya memutus rantai penyebaran COVID-19.

Yaitu dengan menjaga kesehatan, menerapkan protokol pencegahan seperti, menggunakan masker saat di luar rumah, serta tidak keluar rumah selain urusan penting.

Rajin mencuci tangan dengan sabun, jaga jarak, tidak saling bersentuhan, menjaga kebersihan diri, keluarga dan tempat tinggal, serta menjaga para orang tua atau lanjut usia (lansia) dan anak-anak dengan baik.

"Mensyukuri bantuan dan menerapkan protokol kesehatan, menjadi kontribusi nyata kita semua dalam mendukung upaya pemerintah memerangi COVID-19," ucap Thariq.

Ia pun memastikan, penyaluran bantuan telah sesuai mekanisme seperti yang tersalurkan di Desa Dambalo, Kecamatan Tomilito, kepada 66 KPM.
Bantuan terdiri dari beras 5 kilo gram, telur 1 bak isi 30 butir, setengah kilo gram gula pasir, 1 liter minyak goreng kemasan, 1 kilo gram ikan segar.

Total nilai bantuan sebesar Rp178.150 untuk setiap KPM, tersebar di 11 kecamatan, di 123 desa.***
Thariq Modanggu, wakil bupati Gorontalo Utara, didampingi pemerintah desa, menyalurkan bantuan pangan langsung daerah kepada masyarakat terdampak COVID-19, di desa Dambalo, Kecamatan Tomilito. (ANTARA/HO)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020