Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo bersama jajaran TNI/Polri menggelar simulasi penerapan tatanan hidup normal baru dengan menerapkan protokol kesehatan di Pasar tradisional Kamis Tapa.

Camat Tapa Achryl Babyonggo, Rabu, mengatakan simulasi normal baru yang mencakup rekayasa lalu lintas, jarak antarpedagang dan pembeli dan lokasi parkir itu dilakukan jelang pelaksanaan normal baru yang akan dilakukan pada hari Kamis (3/6).

"Insya Allah dengan koordinasi semua pihak seperti yang telah disimulasikan, besok pelaksanaannya aman dan terkendali," ujarnya.

Ia menjelaskan, jika Pasar Kamis Tapa adalah pasar mingguan dan sempat dijadikan pasar harian saat pandemi COVID-19 dalam dua bukan terakhir.

"Di sini telah disediakan tempat cuci tangan bagi pembeli dan juga pedagang, dan semua wajib mengenakan masker serta menjaga jarak," ungkap Achryl.

Menurutnya, beberapa hal yang bisa menjadi hambatan dalam penerapan protokol kesehatan menuju hidup normal baru adalah pedagang maupun pembeli yang berasal dari luar wilayah Tapa, karena belum semua mengetahui tentang penerapan normal baru di tempat itu.

"Ini akan kita antisipasi dengan menghubungi pengelola pasar agar segera mengkomunikasikan kepada pedagang dan pembeli," kata dia, lagi.

Sebelumnya, Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan pemberlakukan normal baru adalah momentum pemerintah daerah untuk memperbaiki pasar-pasar rakyat yang ada di daerah itu.

Ia mengaku jika pendisiplinan budaya tertib di pasar adalah bagian dari rencana menuju hidup normal baru, yang dijadikan momentun untuk mengembangkan dan menertibkan pasar menjadi rapi, teratur, dan tertib dalam segala hal.

"Kita akan mulai melakukan penertiban pendisiplinan pasar sesuai dengan prosedur protokol Kesehatan ditengah pandemi COVID-19," ungkapnya.
 
Petugas Dinas Perhubungan mengangkat pembatas jalan saat simulasi pemberlakuan tatanan hidup normal baru (new normal) di Pasar Kamis Tapa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Rabu (3/6/2020). Pasar mingguan tersebut akan dijadikan lokasi percontohan aktivitas jual beli dengan menerapkan protokol kesehatan, pengaturan jarak antar pedagang dan pembeli, rekayasa lalu lintas hingga lokasi parkir. ANTARA/Adiwinata Solihin 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020