Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Gorontalo melakukan pencanangan pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo di Gorontalo, Selasa, mengatakan, Dukcapil merupakan salah satu kantor yang banyak berhadapan langsung dengan masyarakat terutama dalam rangka pelayanan berbagai administrasi kependudukan. Oleh karena pencanangan WBK dan WBM sangat penting karena langsung dirasakan oleh masyarakat.

"Tergambar dari bulan Maret, April, Mei dan Juni walaupun dalam kondisi pandemi COVID-19 tapi pelayanan tetap jalan, bahkan hari ini terus meningkat sesuai dengan data yang ada, maka saya sampaikan terima kasih," kata Nelson.

Ia mengungkapkan jika fasilitas dalam rangka pelayanan merupakan penunjang, tapi yang paling penting manusia yang ada di dalamnya punya semangat dalam pelayanan.

"Terkait dengan zona integritas dan wilayah menuju pelayanan bersih, ini baru Dukcapil yang memulainya, kita harap menjadi model pelaksanan WBK juga dilakukan dengan baik serta berharap merata di seluruh pemerintahan kita," pungkasnya.

Sementara itu, Kadis Dukcapil Muchtar Nuna menyampaikan, pencanangan zona integritas dimaksudkan untuk mendeklarasikan kesiapan jajaran dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten Gorontalo untuk membangun zona integritas WBK dan WBMM.

"Ini bertujuan agar semua pihak dapat memantau, mengawal, mengawasi dan berperan serta dalam program kegiatan reformasi, birokrasi khususnya dibidang pencegahan korupsi peningkatan kualitas pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan," kata Muchtar.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020