Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara segera membangun tanggul pemecah ombak (break water) di Dusun Hulapa, Desa Bulalo, Kecamatan Kwandang.

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, Sabtu, di Gorontalo, mengaku, tanggul pemecah ombak tersebut tidak hanya menghindari abrasi pantai, namun akan mencegah terjangan ombak besar ke rumah-rumah penduduk.

Disamping itu, tanggul pemecah ombak bisa difungsikan sebagai tambatan perahu bagi 60 orang nelayan di desa ini yang selama ini kesulitan menambatkan perahunya.

"Rencananya, kita akan menganggarkan pembangunan tanggul ini melalui APBD Perubahan tahun anggaran 2015 ini, mengingat infrastruktur ini penting untuk segera dibangun," ujar bupati.

Instansi teknis terkait diminta membahas rencana penganggarannya, agar realisasi pembangunannya cepat terwujud.

Bupati mengaku, pemerintah daerah sangat fokus meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya nelayan, sehingga peningkatan infrastruktur serta sarana dan prasarana terus digenjot, khususnya di kantong-kantong produksi ikan segar.

Rencananya kata bupati, pemerintah akan menambah jumlah pelabuhan pendaratan maupun tempat pelelangan ikan, khususnya di wilayah barat seperti, Kecamatan Sumalata.

Di samping pendataan jumlah nelayan, serta pengrajin ikan teri kering yang potensial dikembangkan di kabupaten ini.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015