Dokter mengingatkan warga yang tinggal di daerah-daerah dalam zona hijau di Provinsi Gorontalo agar tidak lengah, tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

Dokter Taufik Ramadhan Biya, SpPD, yang sehari-hari bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Umar Siddiki Gorontalo Utara dan Rumah Sakit Umum Daerah dr. Hasri Ainun Habibie, mengatakan bahwa berada di zona hijau bukan berarti bebas dari risiko penularan virus corona.

"Kita harus mewaspadai penyebaran virus ini, sebab banyak juga yang tidak menunjukkan gejala, maka menerapkan protokol kesehatan sangat dianjurkan," katanya di Gorontalo, Kamis.

Dia mengemukakan pentingnya pelaksanaan sosialisasi secara berlanjut mengenai protokol pencegahan COVID-19 dengan melibatkan puskesmas dan tokoh masyarakat di samping peningkatan kegiatan pemeriksaan dan pelacakan kasus.

Seluruh unsur dalam masyarakat, ia melanjutkan, sebaiknya bahu membahu mendukung upaya pencegahan dan penanggulangan penyakit tersebut.

Di samping itu, Taufik mengingatkan warga agar berhati-hati dalam memutuskan untuk melakukan perjalanan. 

"Jika tidak memiliki gejala tentu aman, namun jika bergejala agar segera memeriksakan diri di fasilitas kesehatan yang disiapkan pemerintah," katanya  kepada warga yang hendak melakukan perjalanan atau pulang dari bepergian ke luar daerah.

Dia juga menekankan pentingnya warga menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga secara teratur selama masa pandemi.

"Soal makanan tidak ada yang spesifik, namun sebaiknya mengonsumsi makanan sehat," katanya.


 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020