Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango mendukung kebijakan PT. Taspen Cabang Gorontalo untuk mengelola perlindungan Aparatur Sipil Negara (ASN), berupa asuransi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Tabungan Hari Tua dan Pensiun ASN.

"Kami menilai program ini cukup bagus, cuma masih harus menunggu aturan tambahan lagi untuk memperkuat kerja sama ini," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Bone Bolango Ishak Ntoma pada rapat pembahasan JKK, JKM dan layanan klim otomatis antara Pemkab Bone Bolango dengan PT. Taspen Cabang Gorontalo, Selasa (7/4).

Menurutnya, sambil menunggu Peraturan Pemerintah (PP) yang merupakan turunan dari Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), terutama yang berhubungan dengan perlindungan maupun asuransi bagi ASN sebagaimana tercantum pada pasal 92 ayat 1.

Di mana pemerintah wajib memberikan perlindungan berupa Jaminan Kesehatan, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, dan Bantuan Hukum, maka Pemkab Bone Bolango merekomendasikan kepada PT. Taspen untuk memegang dan mengelola jaminan perlindungan bagi ASN.

"Pemkab hanya merekomendasikan, tapi keputusan terakhir tergantung dari pemerintah pusat yang diatur dalam PP tersebut. Apakah ke depan untuk pengelolaan jaminan perlindungan bagi ASN ini, akan ditangani oleh BPJS Ketenagakerjaan atau tetap dikelola oleh PT. Taspen," katanya lagi.

Karena PT. Taspen sudah terbukti sekian tahun mengelola jaminan perlindungan bagi PNS ternyata tidak ada masalah, terutama dalam proses pembayaran jaminan hari tua.

Apakah pegawai yang bersangkutan meninggal dunia maupun pensiun dan lain sebagainya, artinya, selama ini untuk perlindungan jaminan pegawai sudah berjalan normal ketika dikelola PT. Taspen.

Namun demikian, pemerintah daerah tetap masih menunggu keputusan pemerintah pusat yang diatur melalui PP.

Kepala Cabang PT Taspen Gorontalo Gunawan Prio Widodo mengatakan, pihaknya senantiasa memberikan peningkatan pelayanan kepada ASN, khususnya di Kabupaten Bone Bolango.

"Jadi PT. Taspen ingin tetap selalu memberikan peningkatan pelayanan terhadap jaminan perlindungan bagi ASN. Dan kita bersyukur pemkab setempat mendukung dan akan memberikan rekomendasi kepada perusahaan PT. Taspen agar supaya jaminan perlindungan ASN, baik JKK, JKM, tabungan hari tua, dan pensiun itu kami yang kelola," ketusnya. 

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015