Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021 akan fokus pada penanggulangan bencana dan kerusakan lingkungan yang terjadi di daerah itu.

"Kita akan fokuskan APBD 2021 ini dengan penanggulangan bencana dan kerusakan lingkungan itu yang dihadapi di Bone Bolango, selain itu pelayanan kesehatan dan pemulihan ekonomi masyarkat menjadi prioritas," kata Bupati Bone Bolango Hamim Pou di Gorontalo, Sabtu.

Terkait dengan kondisi ekonomi global yang belum kondusif menyusul adanya pandemi COVID-19, membuat bupati harus mencari cara, apalagi kemungkinan APBD akan mengalami penurunan di tahun mendatang.

"Kemungkinan besar APBD kita di 2021 akan tergerus. Kita harus cari akal bagaimana mencari potensi baru untuk mendapatkan anggaran," ucapnya.

Hal paling dekat, menurut Bupati Hamim Pou, bagaimana memanfaatkan pembangunan waduk Bulango Ulu sebagai sektor pendapatan melalui Bea Perolehan Hak Atas Tanah Dan Bangunan (BPTHTB).

"Kita sudah hitung, jika semuanya transparan dan terbuka, Bone Bolango akan mendapatkan Rp12 miliar dari BPHTB pembebasan tanah waduk," bebernya.

Ia menambahkan dari segi pembangunan konstruksi pun bisa meraup pendapatan asli daerah (PAD) bagi daerah, karena menggunakan galian C, maka ada pajak galian C juga.

"Kita Insya Allah akan mendapatkan PAD dari pemanfaatan galian tersebut. Tidak lupa dengan terus menggenjot pariwisata, karena pariwisata menjadi salah satu potensi besar," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020