Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa menjadi inspektur upacara pada peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia yang digelar di halaman rumah jabatan gubernur Gorontalo, Senin.

Suharso bersama istri dan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama istri mengikuti upacara, dengan mengenakan pakaian adat Gorontalo.

Upacara pengibaran bendera diawali dengan sirene detik-detik proklamasi selama satu menit.

Selanjutnya Ketua DPRD Paris A. Yusuf membacakan teks proklamasi. Bertindak sebagai komandan upacara yakni Letnan Kolonel Inf Donny Gredinand.

Alumni Akademi Militer tahun 2002 itu, sehari-hari menjabat sebagai Danyonif 713/Satya Tama.

Komandan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dipercayakan kepada Kapten Inf Indra Gunawan, Perwira Teritorial Korem 133/Nani Wartabone.

Pengibar bendera yang terpilih yakni Chikal Triwahyuni Hasan, Siswi SMAN 3 Kota Gorontalo sebagai pembawa baki.

Pengerek bendera Zulkifli Umar dari SMAN 1 Tapa dan sebagai pembentang yakni Mohamad Ardiyanto Langango dari SMAN 3 Kota Gorontalo.

Gubernur mengatakan meski upacara peringatan HUT RI dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19, namun tak mengurangi jiwa nasionalisme warga Gorontalo.

Para peserta upacara menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan menjaga jarak.

"Saya yakin pembangunan Gorontalo akan semakin baik di tahun ini, dengan segala program dan inovasi yang dilakukan," kata Suharso.

Ia berjanji akan mengakomodasi sejumlah usulan Pemprov Gorontalo, termasuk penanggulangan banjir di daerah itu.
 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020