Dinas Pendidikan (Disdik) Gorontalo Utara, menggelar bimbingan teknis (bimtek) bagi 180 orang tenaga operator data pokok pendidikan (Dapodik).

"Pengambilan kebijakan di bidang pendidikan di setiap tahun anggaran, d iantaranya dilakukan berdasarkan Dapodik, maka bimtek ini tepat pelaksanaannya, sebagai 'up date' data yang diperlukan pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah," ujar bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, di Gorontalo, Kamis.

Ia berpesan, agar seluruh operator Dapodik, dapat bekerja optimal, menampilkan data akurat dan akuntabel, up date dan lengkap.

"Kinerja para operator sangat penting dalam menangani Dapodik, bahkan saya selaku kepala daerah berharap, dapat meminta data setiap saat, cepat dan valid," ungkapnya.

Ke depan kata bupati, operator Dapodik akan diberikan tunjangan khusus, mengingat peran mereka dalam urusan data cukup berat, khususnya terkait up date dan urusan penyimpanan data.

"Saya menargetkan pemberian tunjangan khusus bagi para operator Dapodik, untuk mendukung dan mengapresiasi kinerja mereka di bidang up date dan penyimpanan data," ungkapnya.

Sementara itu, kepala Disdik setempat, Irwan Abudi Usman mengatakan, tujuan pelaksanaan bimtek tersebut adalah untuk mensinkronkan data yang menjadi acuan dasar pengambilan kebijakan.

Diantaranya terkait pelaksanaan dana alokasi khusus (DAK) di sektor pendidikan, implementasi dana bantuan operasional sekolah (BOS).

Maupun pemberian program-program lain yang bersumber dari APBN.

"Satu-satunya aplikasi yang menjadi dasar yaitu Dapodik, maka dalam pengambilan dan validasi data harus akurat, diperlukan up date data, agar tidak beralih pokoknya sekedar menjadi data saja," ungkap Irwan.

Setiap tahun katanya, bimtek tersebut perlu dilakukan apalagi di tahun 2020 ini terjadi perubahan kelompok kerja Dapodik.

Di tahun sebelumnya, belum ada operator kepegawaian namun di tahun ini telah dimiliki.

Peluncurannya dikoordinasikan dengan pihak Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP).***
Bupati Indra Yasin, didampingi kepala Disdik, Irwan Abudi Usman, pada pembukaan Bimtek Dapodik yang digelar Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo Utara tahun anggaran 2020. (ANTARA/Susanti Sako

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020