Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara berharap sektor pariwisata di daerah itu mampu mewujudkan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) secara signifikan.

"Pemkab harus fokus mengembangkan pariwisata daerah ini, agar kehadiran destinasi-destinasi wisata baru di daerah ini mampu sinergi dengan upaya meningkatkan PAD yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi di tingkat lokal," ujar anggota Komisi III DPRD, Fatri Botutihe, di Gorontalo, Senin.

Dua hal penting yang perlu diperhatikan adalah, peningkatan infrastruktur dan promosi.

Penguatan infrastruktur, di antaranya membangun akses jalan menuju destinasi wisata, transportasi hingga sarana dan prasarana.

Termasuk mendukung infrastruktur di objek wisata yang dikembangkan pemerintah desa, namun dalam pembangunannya tidak dimampui oleh dana desa.

Prioritas kedua katanya, yaitu fokus terhadap kegiatan promosi.

Di masa pandemi COVID-19, diharapkan promosi untuk menarik pengunjung lokal agar menjadi prioritas.

Sebab kita membangun infrastruktur namun tidak dibarengi dengan peningkatan minat kunjungan, tentu destinasi wisata sulit berkembang.

"Maka upaya membangun sektor pariwisata daerah perlu dilakukan menyeluruh," ungkapnya saat mengunjungi masyarakat pada kegiatan reses di daerah pemilihan (Dapil) Tolinggula.

Ia berharap, destinasi wisata yang dikelola Bumdes seperti yang ada di Desa Papualangi, Kecamatan Tolinggula, dapat berhasil dan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Provinsi Gorontalo.

"Pariwisata di daerah ini harus benar-benar berkembang, sebab kita punya potensi alam dan memiliki sumber daya manusia (SDM) mumpuni," tandasnya.

Ia menambahkan, program pembangunan di sektor pariwisata harus menjadi skala prioritas dalam perencanaan program pemerintah daerah di tahun anggaran 2021.***
Anggota Komisi III DPRD Gorontalo Utara, Fatri Botutihe, pada agenda reses di Dapil Tolinggula. (ANTARA/HO)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020