Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Sejumlah warga di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, memberikan apresiasi atas upaya pemerintah kabupaten (pemkab) setempat, memperjuangkan anggaran ke pemerintah pusat untuk menata pasar tradisional.

"Memang beberapa pasar tradisional di Bone Bolango belum representatif, sehingga perlu ada penataan atau peningkatan pembangunan supaya menjadi lebih baik lagi," kata Yunita, salah satu warga Kabila, Bone Bolango, Jumat.

Menurutnya, peningkatan pembangunan pasar tradisional di daerah itu, akan menghidupkan roda perekonomian warga, serta lingkungan terus terjaga.

"Kalau pasar tradisional kelihatan bersih, tentunya warga akan lebih tertarik berbelanja, tetapi kalau tidak bersih tentunya warga memilih ke daerah tetangga seperti Kota Gorontalo," ujarnya.

Rio, salah satu pedagang di daerah itu menyambut baik adanya informasi tentang penataan pasar-pasar tradisional, sehingga diharapkan ada peningkatan transaksi penjualan.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Bone Bolango Oktavianus Rahman mengatakan, daerah itu akan mendapatkan bantuan anggaran pengembangan pasar-pasar tradisional dari Kementerian Perdagangan.

"Pak Bupati terus berupaya melobi pemerintah pusat agar pasar-pasar tradisional bisa dikembangkan dan ditata lebih baik lagi," ujarnya.

Tahun 2015 ada rencana pengembangan lima pasar tradisional dengan anggaran Rp7,5 miliar yang akan dikucurkan pemerintah pusat.

Lima pasar tradisional tersebut, yakni Pasar Jumat Tumbihe, Pasar Rabu Suwawa, Pasar Monano Bone, Pasar Selasa Kabila dan Pasar Kamis Tapa.

"Pak Bupati sangat berharap pasar tradisional itu penggerak roda perekonomian warga, juga memudahkan warga untuk mendapatkan kebutuhan pokok," ujarnya.  

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015