Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo berencana akan memperluas pabrik es (cold storage), guna membantu para nelayan dalam menampung ikan yang lebih banyak.

Kepala Bagian Humas Pemkot Gorontalo, Matris M. Lukum, mengatakan, perluasan pabrik es diperlukan karena daerah itu akan ketambahan kapal-kapal besar penangkap ikan, yang secara otomatis membutuhkan es lebih banyak.

Menurutnya, Wali Kota Gorontalo Marten Taha telah menyampaikan hal itu ke sejumlah nelayan akhir pekan lalu di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kelurahan Tenda, Kota Gorontalo, bertepatan dengan pertemuan bersama Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HSNI).

"Perluasan pabrik dan menambah produksi es batu berkaitan dengan akan bertambahnya kapal-kapal besar bantuan dari pemerintah pusat, tentunya akan mempengaruhi meningkatnya stok ikan yang ada di Kota Gorontalo," ujar Matris.

Menurutnya, anggaran yang dikhususkan untuk perikanan dan kelautan Provinsi Gorontalo dapat dimanfaatkan secara baik pada program-program pengembangan dan pendukung kegiatan nelayan.

"Sinergitas antara pemerintah dan nelayan di Gorontalo dapat terus berjalan baik, agar dapat meningkatkan

taraf ekonomi nelayan itu sendiri," ucapnya.

Namun ada kendala lain masih sering dihadapi, terkait adanya pencurian ikan yang dilakukan kapal-kapal asing dan pengeboman ikan di wilayah perairan Teluk Tomini.

"Ini merupakan perhatian besar pemerintah dalam bertindak tegas bersama aparat kepolisian yang berwenang, untuk dapat meningkatkan keamanan dan menjaga kekayaan laut kita," tambahnya.  

Pewarta: Sariva Yunus

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015