Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara akan membangun pasar rakyat modern senilai Rp17 miliar pada tahun ini.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan (Diskoperindag) Gorontalo Muchtar Adam, Kamis, mengatakan bahwa dana tersebut bersumber dari APBN melalui dana alokasi khusus Kementerian Perdagangan RI.

"Pasar akan dibangun di pasar tradisional Molingkapoto, Kecamatan Kwandang, berkat perjuangan Bupati Indra Yasin di tingkat pusat," kata Muchtar di Gorontalo.

Kepastian kucuran anggaran tersebut, lanjut dia, setelah pihaknya memastikan dana pembangunan pasar rakyat modern ini telah masuk dalam rencana kerja anggaran (RKA) Kementerian Perdagangan pada pekan lalu.

Kabupaten ini juga mendapatkan anggaran pembangunan pasar rakyat modern sebesar Rp900 juta dari Kementerian Koperasi RI, yang akan dibangun di kecamatan dan desa.

Ditambah anggaran bantuan perbengkelan sebesar Rp140 juta, transportasi antarpulau Rp200 juta dan bantuan peralatan tangkap ikan Rp170 juta untuk Koperasi Simpan Pinjam Karya Nyata

Muchtar mengaku pembangunan pasar modern yang representatif merupakan kebutuhan sehingga pemerintah berupaya memperjuangkan alokasi anggaran dari pemerintah pusat.

Mengingat pembangunan pasar rakyat modern sangat berpengaruh pada peningkatan kesejahteraan masyarakat serta laju pertumbuhan ekonomi yang makin baik di daerah ini.

"Kehadiran pasar rakyat modern akan mendorong terealisasinya pasar harian di daerah ini sebab pasar tradisional di seluruh kecamatan hanya dibuka seminggu dua kali," kata Muchtar.

Pembangunan Pasar Molingkapoto, menurut dia, sangat penting sebab lokasinya strategis menjadi pasar sentral.

Pihaknya pun segera menyelesaikan pembebasan lahan untuk perluasan pasar yang tergolong sempit untuk memenuhi kriteria yang dipersyaratkan oleh Kementerian Perdagangan. 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015