Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara dan Universitas Terbuka (UT) membangun kerja sama dalam bidang pengembangan pendidikan melalui program studi PG Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

"Guru di seluruh tingkatan harus berpendidikan minimal Strata 1 (S1), maka kerja sama ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh para guru PAUD agar dapat melanjutkan pendidikannya lebih tinggi lagi sesuai standar kualifikasi pendidikan yang harus dimiliki setiap guru di daerah ini," kata Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin di sela penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara Pemkab dan UT yang dihadiri Direktur Universitas Terbuka Gorontalo M. Husni Arifin, Rabu.

Ia mengatakan peningkatan SDM guru di daerah menjadi program prioritas agar sinergi dengan program pendidikan yang harus optimal mulai dari SDM guru, hingga out put pendidikan sesuai yang diharapkan.

Ia berharap perguruan tinggi, khususnya Universitas Terbuka dapat mengulurkan tangan terhadap pengembangan SDM guru di daerah itu.

"Saya berharap, para lulusan UT dapat bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lainnya, khususnya dalam rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Saya juga mengapresiasi kerja sama yang diinisiasi Dinas Pendidikan dan diharapkan dapat mewujudkan SDM unggul, khususnya melalui PG PAUD," tambahnya.

Sementara itu, Direktur Universitas Terbuka Gorontalo M. Husni Arifin mengaku akan mempererat kerja sama tersebut dan siap menyukseskan peningkatan SDM di daerah.

Ia memastikan proses belajar mengajar di UT tidak terpengaruh dengan adanya pandemi COVID-19, karena melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Mahasiswa dibekali modul dan melakukan sistem pembelajaran mandiri.

Ia optimistis melalui layanan pendidikan yang terus ditingkatkan akan menghasilkan capaian-capaian pendidikan dengan lulusan PG PAUD terbaik dari Gorontalo Utara.

Perjanjian kerja sama juga ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan Gorontalo Utara Irwan Abudi Usman bersama direktur Universitas Terbuka Gorontalo M. Husni Arifin.

Kerja sama tersebut mulai direalisasikan pada tahun akademik 2020/2021.
Direktur Universitas Terbuka Gorontalo, M. Husni Arifin bersama kepala Dinas Pendidikan Gorontalo Utara, Irwan Abudi Usman, dalam penandatanganan perjanjian kerja sama di bidang pengembangan program studi PG PAUD. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020