Puluhan prajurit Korem 133/Nani Wartabone (NW) menjalani tes urine guna pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di aula Makorem, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Jumat.

Kasi Intel Korem, Kolonel Inf Priyanto mengatakan mengatakan kegiatan itu bertujuan mengantisipasi adanya penyalahgunaan maupun peredaran narkoba di tubuh TNI AD.

"Penyalahgunaan dan peredaran narkoba, semakin hari semakin mengkhawatirkan, dan itu menjadi keprihatinan kita bersama," ujarnya.

Ia menegaskan jika TNI AD berkomitmen untuk membasmi dan memerangi narkoba, sosialisasi rutin dilakukan sebagai usaha menambah ilmu dan wawasan prajurit.

Menurutnya, pucuk pimpinan TNI AD telah memberlakukan sanksi tegas bagi prajurit yang melanggar maupun menggunakan narkoba. Akan dipecat dengan tidak hormat, sebagai bentuk komitmen TNI AD dalam memerangi peredaran narkoba.

"Peredaran narkoba telah menyentuh berbagai lapisan masyarakat, dalam artian siapapun bisa saja tersentuh oleh keberadaan narkoba, peredaran narkoba tidak pandang bulu," ungkap Kasi Intel.

Dengan keberadan P4GN, menjadi sebuah langkah tepat sebagai awal dari pencegahan sekaligus penanggulangan keberadaan narkoba di lingkungan Korem 133/NW.

"Setelah dilakukan pengecekan urine tersebut, tak ditemukan satupun anggota yang terbukti positif mengonsumsi narkoba, ini menjadi pedoman bagi prajurit lainnya agar dapat melindungi diri dari keberadaan narkoba," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020